Assalaualaikum wr.wb
Pada pertemuan kali ini saya akan
memberikan tutorial cara Membuat Objek 3D mengunakan Aplikasi Blender Bagi
kalian yang belum punya aplikasi Blender jangan kuatir nanti di akhir Totorial
saya akan berikan Link untuk download Aplikasi Blender. Mari disimak totorial
dari saya, Jangan lupa tinggalkan Komentar di akhir Post.
NICE
GLASS AND ICE
Membuat Gelas dengan teknik Lathe dan
material yang lebih realistis dengan Raytrace. objek lain seperti sedotan
dibuat dengan teknik Loft. Material pada lantai diterapkan teknik Reflection /
Pantulan
Cermin dan Diffuse Bitmap kayu.
Tutorial dapat dipraktekkan mulai 3D Studio Max versi 3 ke atas.
Langkah –
Langkah Pembuatan
1.
Membuat Alas Kayu
2.
Membuat Gelas
·
Untuk
membuat gelas, Klik panel Create
à Shapes
à Line, buat garis penampang ½ gelas, di viewport
Front.
·
Gelas
tersebut masih 2 Dimensi, untuk membuatnya menjadi Klik 3 Dimensi, Klik Panel Modifyà Modifier
List : Lathe, maka
bentuknya tidak seperti gelas yang kita harapkan.
·
Untuk
merubahnya menjadi gelas, Klik tanda (+) di Modifier Lathe tersebut
, maka akan tampil Axis. Di viewport, drag Axis (panah sumbu X)
ke kanan sehingga menjadi bentuk gelas.
3.
Membuat Sedotan
·
Untuk
membuat sedotan, klik panel Createà Shapesà Line.
Buat
garis sebagai jalur sedotan dan lingkaran / Circle sebagai penampang
sedotan.
·
Klik
panel Createà Geometryà Ganti
Standard Primitives dengan Compound Object, sehingga tampil
tombol Loft seperti gambar kiri.
·
Objek
Line yang kita pilih adalah Path (jalur sedotan), untuk
penampangnya pilih lingkaran. Klik tombol Get Shape, lalu klik di
Circle / Lingkaran. Sedotan sudah jadi tetapi ukurannya terlalu besar dan
lebih mirip pipa sehingga berbahaya bagi mulut anda.
·
Klik
shape Lingkaran di ujung bawah (atau ujung atas) sedotan. Cursor akan berubah bila
menemukan Shape.
· Pada bagian tekukan sedotan, akan dibuat lipatan – lipatan. Aktifkan sedotan
tersebut, Klik Panel Modify di tab Deformation, klik tombol Scale.
Maka tampil grafik garis lurus.
· Untuk membuat lipatan – lipatan sedotan, Buat titik – titik di garis batas
tekukan, dengan tombol Insert Corner Point. Untuk menggeser titik ke
atas gunakan tombol Move Control Pointsebagai berikut.
4.
Membuat Es Batu
·
Agar
kotak lebih bergelombang, Klik Panel Modify à Modifier List :
Noise, dengan
parameternya sebagai berikut.
MATERIAL
1.
Lantai Dengan Kesan Cermin & Texture Kayu
·
Klik
menu Rendering à Material Editor. Aktifkan Slot#2,
Di tab Maps, Ceklis Diffuse Color, ganti None dengan Bitmap dengan
gambar Kayu: TUTASH.JPG. Untuk kembali ke tampilan utama klik tombol Go
To Parent
·
2.
Di tab Maps, Ceklis Reflection atur nilainya menjadi (misal) 68, agar
tidak terlalu memantul. Ganti None dengan Flat Mirror. Agar pantulan
beriak – riak, aktifkan Ceklis Use Build In Noise dengan size misal 3
agar riak – riak tidak terlalu besar.
·
Di
Material Editor, drag Slot#2 ke objek Lantai di viewport.
·
Render pekerjaan anda(F9), atau tekan tool Quick
Rendedi viewport perspective. Tampak texture kayu (difuse bitmap TUTASH.JPG)
dengan pantulan cermin (reflection flat mirror) terhadap gelas dan kotak es.
2.
Gelas Kaca
·
Klik
menu Rendering à Material Editor. Aktifkan Slot#1,
Di tab Maps, Ceklis Reflection ganti None dengan Bitmap dengan
gambar Lake3.jpg.
Nah itu sedikit totorial yang bisa saya berikan mohon maaf kalau tutorialnya kurang jelas, Nantikan juga post saya selanjutnya.
Wassalamuallaikum wr.wb
No comments:
Post a Comment