Blog ini berisi { Materi Tentang Komputer, Tutorial Blender, dan Jaringan/Mikrotik }

Flickr

LightBlog

Breaking

LightBlog

Friday, March 2, 2018

NICE GLASS AND ICE


Assalaualaikum wr.wb
Pada pertemuan kali ini saya akan memberikan tutorial cara Membuat Objek 3D mengunakan Aplikasi Blender Bagi kalian yang belum punya aplikasi Blender jangan kuatir nanti di akhir Totorial saya akan berikan Link untuk download Aplikasi Blender. Mari disimak totorial dari saya, Jangan lupa tinggalkan Komentar di akhir Post.

NICE GLASS AND ICE
Membuat Gelas dengan teknik Lathe dan material yang lebih realistis dengan Raytrace. objek lain seperti sedotan dibuat dengan teknik Loft. Material pada lantai diterapkan teknik Reflection / Pantulan
Cermin dan Diffuse Bitmap kayu. Tutorial dapat dipraktekkan mulai 3D Studio Max versi 3 ke atas.

Langkah – Langkah Pembuatan

1.      Membuat Alas Kayu
·         Untuk membuat alas lantai, Klik panel Createà Geometryà Plane dengan parameter sesuka anda.



2.      Membuat Gelas
·         Untuk membuat gelas, Klik panel Create  Ã Shapes  Ã Line, buat garis penampang ½ gelas, di viewport Front.
  
 


·         Aktifkan modus Spline. Klik tombol Outline. Drag di garis gelas sehingga menjadi tebal.
 
  
·         Gelas tersebut masih 2 Dimensi, untuk membuatnya menjadi Klik 3 Dimensi, Klik Panel ModifyàModifier List : Lathe, maka bentuknya tidak seperti gelas yang kita harapkan.
      
 

·         Untuk merubahnya menjadi gelas, Klik tanda (+) di Modifier Lathe tersebut , maka akan tampil Axis. Di viewport, drag Axis (panah sumbu X) ke kanan sehingga menjadi bentuk gelas.
  
 


3.      Membuat Sedotan
·         Untuk membuat sedotan, klik panel Createà ShapesàLine. Buat garis sebagai jalur sedotan dan lingkaran / Circle sebagai penampang sedotan.
 

·         Aktifkan Line tersebut dengan tool Select Object

·         Klik panel CreateàGeometryàGanti Standard Primitives dengan Compound Object, sehingga tampil tombol Loft seperti gambar kiri.

·         Objek Line yang kita pilih adalah Path (jalur sedotan), untuk penampangnya pilih lingkaran. Klik tombol Get Shape, lalu klik di Circle / Lingkaran. Sedotan sudah jadi tetapi ukurannya terlalu besar dan lebih mirip pipa sehingga berbahaya bagi mulut anda.
 

·         Agar lubang sedotan menjadi kecil, klik Panel Modify, aktifkan modus Shape.

·         Klik shape Lingkaran di ujung bawah (atau ujung atas) sedotan. Cursor akan berubah bila menemukan Shape.

·         Perkecil ukuran shape Dengan tool Select and Uniform Scale

·        Pada bagian tekukan sedotan, akan dibuat lipatan – lipatan. Aktifkan sedotan tersebut, Klik Panel Modify di tab Deformation, klik tombol Scale. Maka tampil grafik garis lurus.
 

·        Untuk membuat lipatan – lipatan sedotan, Buat titik – titik di garis batas tekukan, dengan tombol Insert Corner Point. Untuk menggeser titik ke atas gunakan tombol Move Control Pointsebagai berikut.
 

4.      Membuat Es Batu
·         Untuk membuat Es batu kotak, klik panel Create Ã  GeometryàBox, dengan Segment = 8,

·         Agar kotak lebih bergelombang, Klik Panel Modify Ã  Modifier List : Noise, dengan parameternya sebagai berikut.


MATERIAL

1.      Lantai Dengan Kesan Cermin & Texture Kayu
·         Klik menu Rendering Ã  Material Editor. Aktifkan Slot#2, Di tab Maps, Ceklis Diffuse Color, ganti None dengan Bitmap dengan gambar Kayu: TUTASH.JPG. Untuk kembali ke tampilan utama klik tombol Go To Parent


·         2. Di tab Maps, Ceklis Reflection atur nilainya menjadi (misal) 68, agar tidak terlalu memantul. Ganti None dengan Flat Mirror. Agar pantulan beriak – riak, aktifkan Ceklis Use Build In Noise dengan size misal 3 agar riak – riak tidak terlalu besar.

·         Klik tombol Go To Parentuntuk kembali ke tampilan utama.

·         Di Material Editor, drag Slot#2 ke objek Lantai di viewport.
·         Render pekerjaan anda(F9), atau tekan tool Quick Rendedi viewport perspective. Tampak texture kayu (difuse bitmap TUTASH.JPG) dengan pantulan cermin (reflection flat mirror) terhadap gelas dan kotak es.

2.      Gelas Kaca
·         Klik menu Rendering Ã  Material Editor. Aktifkan Slot#1, Di tab Maps, Ceklis Reflection ganti None dengan Bitmap dengan gambar Lake3.jpg.

Nah itu sedikit totorial yang bisa saya berikan mohon maaf kalau tutorialnya kurang jelas, Nantikan juga post saya selanjutnya.
Wassalamuallaikum wr.wb


No comments:

Post a Comment

Cara Merawat Komputer

Cara Merawat Komputer-  sudah menjadi kewajiban setiap para pengguna untuk selalu merawat komputer merka dengan baik agar komputer tida...

Adbox