Blog ini berisi { Materi Tentang Komputer, Tutorial Blender, dan Jaringan/Mikrotik }

Flickr

LightBlog

Breaking

LightBlog

Tuesday, August 29, 2017

Elemen-Elemen Komputer


Gambar terkait
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang elemen-elemen komputer, Langsung saja kita simak bersama sama. Dalam penggunaan komputer terdapat 3 elemen yang berperan sangat penting, yaitu Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak), Brainware (Manusia). Dalam menggunakan suatu Komputer perangkat keras (Hardware) mempunyai peran yang sangat penting sekali.
Dengan menggunakan hardware yang baik, proses dari sebuah komputer akan sangat mendukung kerja orang menggunakannya.
Tetapi bukan hanya Hardware yang berperan penting, tetapi diperlukan juga adanya suatu perangkat lunak (Software) dan orang yang menjalankannya (Brainware). Pada brainware ini diperlukan SDM (Sumber daya manusia) yang cakap dan mampu menjalankan sistem komputer yang digunakan. Untuk itu selain Kecakapan dibidang hardware juga diperlukan Kecakapan dibidang software.
Elemen-Elemen yang berperan sangat penting di komputer :

1. Hardware
Hardware Komputer merupakan sekumpulan perangkat keras yang ada dalan kompeter. Hardware merupakan salah satu elemen dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Hardware koputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), Input Device, dan Output Device.

v Central Processing Unit (CPU)
Cpu merupakan perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak (disebut microprocessor). CPU terdiri dari bagian-bagian penting, yaitu :

 *Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian yang bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya, termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut.
Bila ada intruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim intruksi tersebut ke ALU (Arithmetical Logical Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

 *Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU yang berisi ingatan ingata, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

 *Arithmetical Logical Unit (ALU)
ALU Kependekan dari Arithmetical Logical Unit adalah unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari 2 bagian yaitu unit arithmetika  dan unit logika boolean yang masing masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.

v Input Device (Alat Input)
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan, dan sering disebut juga dengan istilah input unit, alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (Direct input) dan tidak langsung (Indirect input).
·         Contoh alat input langsung (Direct input) adalah Papan ketik (Keyboard), Pointing device (misalnya: mouse, touch screen), Scanner (misalnya: optical data reader atau optical character recongnition reader), Sensor (misalnya: digitizing camera), Voice recongnizer (misalnya: microphone).
·         Contoh alat input tidak langsung (Indirect input) adalah Key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan Key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

v Output Device (Alat Output)
Piranti yang berfungsi mengolah hasil keluaran dari suatu proses baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Merupakan aktifitas memerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas selanjutnya pada bagian ini.
Pada komputer, contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.

2.   Software
Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (Personal Computer) lengkap tidak dapat bekerja tanpa software di dalamnya. Software ini yang mengontrol seluruh jalannya hardware yang ada. Software juga merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya.
Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software yaitu: operating system (Sistem Operasi), Program Aplikasi, dan driver hardware.

v Sistem Operasi
Sistem operasi atau biasa disebut dengan operating system (OS) Komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer.
Fungsi sistem operasi antara lain untuk manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memori, kontrol tampilan dan suara, dan sebagainya. Pada prinsipnya sistem operasi ini bertugas mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
·         Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
·         Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
·         Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
·         Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
·         Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Ada banyak macam sitem operasi yang dipakai untuk berbagai keperluan masing-masing sistem operasi memiliki keungulan dan kelemahan tersendiri.
Berikut macam-macam sistem operasi yang ada:
·         Microsoft DOS (Disk Operating System).
·         Microsoft Windows (Windows 3.1,Windows 95,Windows 98,Windows ME,Windows NT 4.0,Windows 2000,Windows XP,Windows Vista.Windows 7,Windows 8,Windows NT Server,Windows 2000 Server,Windows 2003 Server,Windows Server 2008,Windows Server 2012).
·         Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian, Corel Linux, Slakeware, Ubuntu, Mint, Xentos, lgos, Ubuntu Server, ClearOS, Dll).
·         Mac OS (Mac OS X, Mac OS X Server).
·         IBM O/S 2 Warp.
·         UNIX (Sun Solaris, AIX, SCO, dan lain lain).

v Program Aplikasi
Program aplikasi atau biasa disebut dengan aplikasi merupakan program yang berjalan pada sistem operasi dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktifitasnya. Ada banyak sekali jenis aplikasi yaitu :

 *Aplikasi bisnis dan Perkantoran
Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office, Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan penguna, yaitu : MS Word, MS Exel, MS PowerPoin, MS Access, MS Outlook, dan MS Publisher. Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain: Star Office, Open Office, Star Office dan K-Office.

 *Aplikasi untuk hiburan dan entertainment
Untuk aplikasi hiburan dan entertainment kita kenal dengan Windows Media Player, WinAm, Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya.

 *Aplikasi untuk komunikasi
Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICQ, dan sebagainya.

 *Aplikasi grafis dan multimedia
Aplikasi grafis dan multimedia, kita kenal Adobe Photoshop, CorelDRAW, Macromedia Freehand, ACDSee, dan sebagainya.

 *Aplikasi teknik (CAD/CAM)
Aplikasi teknik, kita kenal ArchiCAD, AutoCAD, dan sebagainya.

 *Aplikasi untuk utility dan anti virus
Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan, dan sebagainya.

 *Aplikasi untuk pemograman komputer
Aplikasi untuk pemograman komputer, kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya.

 *Aplikasi server
Aplikasi server, kita kenal Ms personal Web server, IIS (Internet Information Server) untuk Win NT dan Win 2000, Ms Exchange untuk email server, Apache Web Server, dan sebagainya.

v Driver Hardware
Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi.

3.   Brainware
Brainware adalah bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, sedangkan hardware dan software tidak dapat bekerja tanpa brainware.
Secara harafiah, brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemempuan dari hardware dan software yang ada.
Ada beberapa posisi jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, diantaranya adalah Programmer, System Analyst, System Administrator, Database Administrator, Database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer, Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User.

 *Programmer
Merupakan orang yang membuat sebuah program aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia.

 *System Analyst
Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, dan menuangkannya dalam sebuah rancangan sistem, sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.

 *Sistem Administrator
Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analyst dan dibuat oleh Prograimmer.

 *Database Administrator
Merupakan orang yang mengelola sebuah sistem database.

  *Database Engineer
Merupakan orang yang merancang sebuah database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan akan mengelola data, baik saat ini maupun saat akan datang.

 * System Integrator
Merupakan orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun kemudian hari.

 *Network Designer
Merupakan orang yang bertugas merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah sistem jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data, serta melakukan analisa jaringan apabila terjadi ganguan atau kerusakan pada sistem jaringan.

 * Network Engineer
Merupakan orang yang merncang teknik-teknik baru dalam bidang networking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

 *Software Engineer
Merupakan orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software.

 * Hardware Engineer
Merupakan orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.

 * System Auditor
Merupakan orang yang bertugas mengedit sebuah sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang menjadi lebih sempurna lagi.

 * User
Merupakan orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.

No comments:

Post a Comment

Cara Merawat Komputer

Cara Merawat Komputer-  sudah menjadi kewajiban setiap para pengguna untuk selalu merawat komputer merka dengan baik agar komputer tida...

Adbox